Berita Detail

Masih Terjadi Penambahan Kasus Covid-19, Sekda Himbau Masyarakat Tetap Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan (Update 07 Juli 2020)

Sumbawa Besar, BersatuLawanCovid19. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa kembali merilis update data Covid-19. Bertempat di Posko Posko GTPCC-19 Kabupaten Sumbawa, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Hasan Basri selaku Kepala Sekretariat Gugus Tugas menyampaikan beberapa informasi terkait dengan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumbawa.

“Hari ini Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa mencatat terjadi penambahan 28 kumulatif kasus Covid-19, sehingga total sampai hari ini adalah 11.440 kasus tercatat dan tertangani”, ujar Haji Hasan Basri pada Selasa siang (7/7/2020).

Lebih lanjut, Sekda menggambarkan bahwa catatan penanganan Kasus Covid-19 di Kabupaten Sumbawa terus mengalami peningkatan dan perkembangan yang menggembirakan yaitu ditunjukkan dengan angka kumulatif baik PPTG, OTG, ODP, PDP dan Positif Covid-19 yaitu sebanyak 11.373 orang atau 99,4% telah dinyatakan selesai isolasi mandiri, selesai dipantau dan atau telah dinyatakan sembuh.

Selebihnya sebesar 0,5% atau 55 orang yang masih menjalani isolasi mandiri, pemantauan dan perawatan dan tercatat pula 0,1% atau 12 orang meninggal dunia. Hari ini terdapat penambahan satu orang PDP yang meninggal dunia.

Sekda juga menguraikan bahwa dari total 9.774 orang Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) dimana hari ini terdapat penambahan 17 kasus PPTG, 99,66% diantaranya atau 9.741 orang PPTG selesai isolasi mandiri. Dan 0,34% atau sebanyak 33 orang PPTG masih menjalani isolasi mandiri.

Demikian pula dari sebanyak 1.006 orang tanpa gejala (OTG) atau bertambah 11 kasus OTG namun memiliki hubungan erat dengan kasus yang terkonfirmasi positif tercatat sebanyak 98,51% atau 991 OTG telah selesai menjalani isolasi mandiri, dan tersisa 1,49%  atau 15 OTG masih melaksanakan isolasi mandiri.

Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) hari ini ada penambahan satu orang sehingga saat ini terdapat dua orang yang masih dipantau, maka 99,60% yaitu sebanyak 493 ODP telah selesai masa pemantauan dan sisanya sebanyak 2 ODP atau 0,40% masih menjalani pemantauan.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hari ini sudah tidak ada lagi PDP yang dirawat atau semuanya sudah sembuh yaitu sebanyak 109 orang atau 90,83% dari total 120 orang PDP. Sedangkan yang meninggal dunia juga sebanyak 11 orang dengan hasil swab negatif.

Adapun pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 tercatat sebanyak 39 orang atau 86,67% yang dinyatakan sembuh dari total 45 yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Satu orang meninggal dunia dan lima orang atau 11,11% masih dalam perawatan di RS Harapan Keluarga Mataram satu orang, di RSUD Patut Patuh Patju Lombok Barat satu orang dan di RS Provinsi NTB satu orang. Dan tambahan dua orang terkonfirmasi positif baru dirawat di RS Manambai Abdulkadir dan RSUD Sumbawa-Sering.

Dengan masih terdapatnya penambahan kumulatif kasus Covid-19, dihimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa untuk benar-benar menerapkan secara disiplin protokol kesehatan dalan pencegahan Covid-19 terutama di pusat-pusat keramaian seperti pasar tradisional, dengan cara selalu mengunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun serta tidak berlama-lama di dalam pasar.

“Sampai saat ini, Kabupaten Sumbawa telah memasuki fase Zona Kuning atau Risiko Rendah dan sedang berikhtar bersama menuju ke Zona Hijau atau tidak terdampak”, papar Sekda optimis.

Sekda juga menjelaskan bahwa Zona Kuning atau Level 2 Risiko Rendah adalah kondisi dimana penyebaran terkendali, dan tetap ada kemungkinan transmisi. Masih ditemukannya kasus positif Covid-19, transmisi yang datang dari luar wilayah masih bisa terjadi. Serta harus dilakukan penelusuran kontak agresif pada kasus ODP, PDP dan Positif Covid-19.

Untuk mencegah agar tidak terjadi lagi penyebaran virus corona di masyarakat maupun menjaga ritme untuk menuju ke Zona Hijau, Gugus Tugas PPC-19 Kabupaten Sumbawa akan terus mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat dalam rangka memasuki tahapan tatanan kenormalan baru nantinya.

Bupati Sumbawa melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa terus menyemangai para petugas di lapangan dan menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada aparat TNI dan Polri serta seluruh unsur pemerintah daerah se-Kabupaten Sumbawa yang telah berperan aktif dan tetap fokus pada penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Bupati Sumbawa menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah berperan aktif dalam upaya pemutusan rantai penularan Covid-19. Pemerintah juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada petugas kesehatan yang tanpa lelah memberikan pelayanan, baik pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat maupun pelayanan pengobatan kepada pasien positif Covid-19 di rumah sakit”, pungkas Sekda Hasan Basri.

Untuk menghindari informasi yang tidak benar tentang Covid-19, masyarakat diharapkan mendapatkan informasi dari sumber-sumber resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa laman resmi http://covid19sumbawakab.go.id, serta layanan Call Centre Posko Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa di nomor 085931126633 (WA), dan 085333733633. (ra/mckabsumbawa)