Berita Detail

Bertambah Dua Orang Terkonfirmasi Positif Dirawat Di Kabupaten Sumbawa, Salah Satunya Berasal dari Luar Daerah (Update 03 Juli 2020)

Sumbawa Besar, BersatuLawanCovid19. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa kembali merilis update data Covid-19.

Bertempat di Posko Posko GTPCC-19 Kabupaten Sumbawa, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Hasan Basri selaku Kepala Sekretariat Gugus Tugas menyampaikan beberapa informasi terkait dengan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumbawa.

 “Hari ini Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa mencatat terjadi penambahan satu orang Positif Covid-19 yang dirilis oleh Gugus Tugas Covid-19 NTB tadi malam, dan saat ini dalam kondisi baik dirawat di RS Manambai Abdulkadir”, ujar Haji Hasan Basri pada Jum’at siang (3/7/2020).

Selain itu juga, terdapat satu orang dari luar daerah yaitu seorang ibu ber-KTP Makassar Sulawesi Selatan yang sedang ikut suaminya bekerja di mega proyek Bendungan Beringin Sila Kecamatan Utan juga diumumkan tadi malam oleh GTPPC-19 NTB. Saat ini dalam kondisi baik dirawat di RSUD Sumbawa-Sering.

Untuk itu dengan masih adanya kasus positif ini, serta agar tidak terjadi lagi penyebaran virus corona di masyarakat maupun menjaga ritme untuk menuju ke Zona Hijau, Gugus Tugas PPC-19 Kabupaten Sumbawa akan terus mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat dalam rangka memasuki tahapan tatanan kenormalan baru nantinya.

“Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap disiplin dan patuh dalam menerapkan protokol kesehatan. Yakni dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, mengonsumsi makanan bergizi, olahraga, berfikir positif dan optimis serta selalu menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak dengan orang lain, menjauhi kerumunan dan tidak menyentuh area wajah. Jika akan menyentuh area wajah pastikan tangan dalam keadaan bersih, sering cuci tangan dengan sabun pada air mengalir”, pungkas Sekda Sumbawa.

Lebih lanjut, Haji Hasan Basri menggambarkan bahwa catatan penanganan Kasus Covid-19 di Kabupaten Sumbawa terus mengalami peningkatan dan perkembangan yang menggembirakan yaitu ditunjukkan dengan angka kumulatif baik PPTG, OTG, ODP, PDP dan Positif Covid-19 yaitu sebanyak 11.277 orang atau 99,07% telah dinyatakan selesai isolasi mandiri, selesai dipantau dan atau telah dinyatakan sembuh. Selebihnya sebesar 0,83% atau 94 orang yang masih menjalani isolasi mandiri, pemantauan dan perawatan dan tercatat pula 0,11% atau 12 orang meninggal dunia. Hari ini terdapat penambahan satu orang PDP yang meninggal dunia.

Sekda juga menguraikan bahwa dari total 9.743 orang Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) dimana hari ini terdapat penambahan 4 orang PPTG, 99,31% diantaranya atau 9.676 orang PPTG selesai isolasi mandiri. Dan 0,69% atau sebanyak 67 orang PPTG masih menjalani isolasi mandiri.

Demikian pula dari sebanyak 981 orang tanpa gejala (OTG) namun memiliki hubungan erat dengan kasus yang terkonfirmasi positif tercatat sebanyak 98,78% atau 969 OTG telah selesai menjalani isolasi mandiri, dan tersisa 1,22% atau 12 OTG masih melaksanakan isolasi mandiri.

Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) dengan adanya satu orang yang masih dipantau, maka 99,80% yaitu sebanyak 493 ODP telah selesai masa pemantauan dan sisanya 1 orang masih menjalani pemantauan. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) menjadi salah satu focus penanganan dimana saat ini masih terdapat 9 orang atau 7,50% PDP yang dirawat di RSMA, RSUD dan sebagian ditempatkan di Karantina Terpadu, dan PDP yang sembuh sebanyak 100 orang atau 83,33% dari total 120 orang PDP. Sedangkan yang meninggal dunia juga sebanyak 11 orang dengan swab negatif.

Sedangkan pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 tercatat sebanyak 39 orang atau 86,67% yang dinyatakan sembuh dari total 45 yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Satu orang meninggal dunia dan lima orang atau 11,11% masih dalam perawatan di RS Harapan Keluarga Mataram satu orang, di RSUD Patut Patuh Patju Lombok Barat satu orang dan di RS Provinsi NTB satu orang. Dan tambahan dua orang terkonfirmasi positif baru dirawat di RS Manambai Abdulkadir dan RSUD Sumbawa-Sering.

Dengan telah diluncurkannya Aplikasi Sumbawa New Normal oleh Bupati Sumbawa, Sekda Sumbawa mengimbau masyarakat untuk juga mengunduh dan menginstall aplikasi yang berbasis android tersebut, selain Aplikasi nasional Peduli Lindungi yang dirilis oleh Kementerian Kominfo RI agar dengan mudah memahami kondisi dan perkembangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumbawa.

Dengan masih adanya penambahan kasus kumulatif Covid-19 di Kabupaten Sumbawa, Sekda Sumbawa kembali mengingatkan kepada para kepada para pelaku perjalanan atau yang bepergian untuk mematuhi Kriteria dan persyarakat dalam masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat yang Produktif dan Aman Covid-19 sesuai SE Gugas Nomor 9 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas SE Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disiase (Covid-19),

Untuk menghindari informasi yang tidak benar tentang Covid-19, masyarakat diharapkan mendapatkan informasi dari sumber-sumber resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa laman resmi http://covid19sumbawakab.go.id, serta layanan Call Centre Posko Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa di nomor 085931126633 (WA), dan 085333733633. (ra/mckabsumbawa)