Berita Detail

Perkembangan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumbawa, ODP bertambah 6 orang (Release 25 Maret 2020)

Sumbawa Besar, Dikes. Sampai dengan hari ini terdapat penambahan ODP yang ditangani sebanyak 6 orang, lima diantaranya dari Kecamatan Lunyuk dan satu dari Kecamatan Alas. Demikian disampaikan Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Sumbawa Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa, H. Didi Darsani, Rabu malam (25/3/2020).

Keterangan ini disampaikan setelah seluruh penanganan dan data warga disinkronkan, terlebih ada satu orang ODP yang diobservasi lebih lanjut di RSUP Manambai Abdulkadir yang dibawa dari Lunyuk dan tiba sore hari di RSUP.

“Sehingga sampai hari ini, jumlah total ODP dan PDP yang ditangani sebanyak 63 orang. Dan tidak ada yang positif corona, sekali lagi Alhamdulillah sampai saat ini di Kabupaten Sumbawa tidak ada yang positif corona”, jelas H. Didi.

Dari ke 63 orang tersebut, dijelaskan telah selesai dipantau sebanyak 47 orang, masih dipantau sebanyak 13 orang dan yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 3 orang di RSUP Manambai Abdulkadir.

Haji Didi mengharapkan agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan informasi yang tidak benar. “Kami para petugas Kesehatan terus berupaya menangani sesuai prosedur dan etika profesi yang telah ditetapkan”, ujarnya, serta terus menerus melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi NTB dalam upaya penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumbawa.

Lebih lanjut, Haji Didi menyampaikan bahwa pemerintah juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah turut mendukung upaya pemerintah dalam penanganan Covid-19 melalui penyampaian informasi, penyemprotan disinfektan secara mandiri serta terus melaksanakan himbauan-himbauan yang dikeluarkan pemerintah.

Pihaknya selain akan terus melakukan penanganan, juga akan terus melakukan pencegahan melalui penyemprotan disinfektan dibantu oleh aparat TNI, Polri, KKP dan pihak terkait lainnya, juga terus melakukan edukasi melalui penyuluhan kepada masyarakat yang dilakukan bersama-sama. (kominfotik)