Berita Detail

Positif Aktif Tinggal 1,28% dan Vaksinasi Tahap II Akan dilaksanakan Minggu II Maret 2021

Sumbawa Besar, SatgasCovid19. Perkembangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumbawa terus menunjukkan trend menggembirakan. Berdasarkan Data yang disampaikan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa sampai dengan hari Minggu (7/3/2021), tercatat kasus terkonfirmasi positif yang masih dirawat adalah sebanyak 15 orang atau 1,28%.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa Rachman Ansori yang juga bertindak selaku Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Sumbawa di Posko Covid-19 Kabupaten Sumbawa.

Selanjutnya, Ansori menyampaikan bahawa terkonfirmasi positif yang telah dinyatakan sembuh atau selesai dirawat bertambah 1 orang, sehingga jumlah total terkonfirmasi positif yang sembuh adalah sebanyak 1.082 orang atau 92,64%.

Sedangkan yang meninggal dunia hari ini terdapat penambahan 1 orang sehingga total yang meninggal dunia terkonfirmasi positif sebanyak 71 orang atau dengan case fatality rate (CFR) sebesar 6,08%.

“Sampai dengan hari ini, total terkonfirmasi positif adalah sebanyak 1.168 orang dengan proporsi 6,76% dari seluruh total kasus Covid-19 di Kabupaten Sumbawa”, papar Ansori.

Untuk kasus kontak erat adalah sebanyak 4.164 orang (24,10%) dimana diantaranya sebanyak 19 orang atau 0,46% sedang menjalani karantina.

Sedangkan Kasus Suspek / Probable tercatat sebanyak 1.245 orang dan 35 orang atau 2,81% diantaranya masih dirawat, dan Pelaku perjalanan sampai hari ini tercatat sebanyak 10.694 orang atau 61,90% dimana masih terdapat 1 orang yang sedang menjalani karantina.

Sebaran terkonfirmasi positif dari 24 Kecamatan di Kabupaten Sumbawa tersisa 6 (enam) wilayah yang belum terbebas dari terkonfirmasi positif yaitu Kecamatan Sumbawa, Moyo Hilir, Lopok, Alas, Unter Iwes dan Tarano.

Sampai hari ini, telah tercatat akumulasi kasus Covid-19 di Kabupaten Sumbawa sebanyak 17.276 kasus dan bertambah 2 kasus hari ini.

Sampai dengan tanggal 7 Maret 2021, cakupan vaksinasi Covid-19 Sinovac bagi para tenaga kesehatan di 29 fasilitas layanan kesehatan se-Kabupaten Sumbawa telah terealisasi 104,3% untuk Dosis I dan 101,7% untuk Dosis II yang telah diberikan vaksin dari target yang ditetapkan Provinsi NTB yaitu 3.150 tenaga kesehatan.

Pada Minggu ke-II bulan Maret 2021 sampai dengan April 2021 akan dilaksanakan Vaksinasi Tahap ke-II dengan sasaran Pejabat Negara, Anggota DPRD, Anggota TNI/Polri, Petugas Pelayanan Publik Pemerintah yang meliputi perangkat Kecamatan, perangkat Desa/Kelurahan dan ASN layanan publik, Petugas Pelayanan Publik non Pemerintah yang meliputi sektor pariwisata dan pedagang pasar, Petugas Pelayanan Publik di Jasa Keuangan dan jasa lainnya baik pemerintah dan non pemerintah seperti perbankan, asuransi, pekerja pelabuhan, tokoh agama, guru, atlet yang akan bertanding, wartawan, pelaku jasa transportasi di daeah dan penduduk lanjut usia.

Vaksinasi akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan ketersediaan vaksin dan kesiapan sasaran.

Terkait dengan sasaran, Pemkab Sumbawa melalui Dinas Kesehatan telah meminta semua pimpinan perangkat daerah dan instansi vertical di Kabupaten Sumbawa untuk mendata semua karyawan/anggotanya dan komponen sasaran kepada Komisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) melalui vaksincovid@kemkes.go.id atau juga langsung register mandiri melalui Aplikasi Peduli Lindungi yang dapat didownload di playstore android.

Pengaturan layanan vaksinasi dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa. Sampai saat ini data sementara yang terhimpun di Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa adalah sebanyak 1.993 orang.

“Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa selalu menghimbau agar kita bersama mendukung suksesnya program vaksinasi COVID-19 serta tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan 5M (Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak, Mencuci tangan pakai sabun dengan rutin, Meghindari kerumunan dan Membatasi mobilitas) kapanpun dimanapun”, ujar Ansori.

Untuk menghindari informasi yang tidak benar tentang Covid-19, masyarakat diharapkan mendapatkan informasi dari sumber-sumber resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Masyarakat dapat mengunjungi portal www.covid19.sumbawakab.go.id atau dapat mendownload Aplikasi Sumbawa New Normal untuk mengetahui Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumbawa. (jubir)