Berita Detail

Positif Aktif Menurun Menjadi 3,12% dan Kesembuhan Capai 90,99%

Sumbawa Besar, SatgasCovid19. Berdasarkan Data yang disampaikan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa sampai dengan hari ini Senin (22/2/2021) terus menunjukkan trend yang terus membaik.

Hal ini menurut Kadis Kominfotik Sumbawa Rachman Ansori selaku Jubir Covid-19 Kabupaten Sumbawa, ditunjukkan oleh angka terkonfirmasi positif yang selesai dirawat sampai dengan hari ini sebanyak 1.050 orang atau 90,99% dan bertambah 5 orang.

“Tingkat positif rate atau positif aktif terus menurun ke angka 3,12% yang ditandai oleh terkonfirmasi positif yang masih dirawat adalah sebanyak 36 orang dimana hari ini berkurang sebanyak 3 orang,” ujar Ansori.

Namun demikian, kasus terkonfirmasi positif yang meninggal dunia juga masih bertambah menjadi sejumlah 68 orang atau dengan case fatality rate (CFR) sebesar 5,89% yang berada di atas CFR Provinsi NTB dan CFR Nasional.

“Ini menjadi PR bagi Satgas khususnya di Bidang Penanganan, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya peningkatan kasus dimasa mendatang”, paparnya. Mengingat potensi Kasus kontak erat yang masih karantina sebanyak 71 orang dan potensi Kasus Suspek / Probable  yang masih dirawat  sebanyak 80 orang.

Sampai dengan hari ini, telah tercatat akumulasi kasus Covid-19 di Kabupaten Sumbawa sebanyak 17.196 kasus dan bertambah 16 kasus sampai hari ini.

Trend membaik ini juga ditunjukkan oleh sebaran wilayah kecamatan yang terkonfirmasi positif. Dari 24 Kecamatan di Kabupaten Sumbawa terdapat 12 (dua belas) wilayah yang terbebas dari terkonfirmasi positif yaitu Kecamatan Batulanteh, Lunyuk, Lenangguar, Utan, Moyo Hulu, Labangka, Rhee, Maronge, Ropang, Empang, Lantung dan Orong Telu.

Sedangkan wilayah dengan kasus masih terkonfirmasi positif terbanyak yaitu Kecamatan SUMBAWA sebanyak 11 orang atau 30.56%, Kecamatan LOPOK sebanyak 5 orang atau 13.89%. Kecamatan UNTER IWES sebanyak 5 orang atau 13.89%, Kecamatan ALAS sebanyak 3 orang atau 8.33% dan Kecamatan LAB. BADAS sebanyak 2 orang atau 5.56%

Sampai dengan tanggal 20 Februari 2021, cakupan vaksinasi Covid-19 Sinovac bagi para tenaga kesehatan di 29 fasilitas layanan kesehatan se-Kabupaten Sumbawa telah terealisasi 104,03% untuk Tahap I dan 59,02% untuk Tahap II yang telah diberikan vaksin dari target yang ditetapkan Provinsi NTB yaitu 3.150 tenaga kesehatan.

“Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa menghimbau kepada masyarakat untuk mendukung dan menyukseskan program vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Sumbawa dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M kapanpun dimanapun” pungkasnya Ansori.

Selain itu juga, Pemberlakuan PPKM Mikro akan segera ditindaklanjuti sekaligus disertai dengan Program Kampung Sehat yang digagas Pemprov NTB, Polda NTB dan Korem NTB akan lebih mempercepat penanganan pencegahan Covid-19 maupun pemulihan ekonomi masyarakat di daerah. (jubir)