Berita Detail

Perkembangan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumbawa (Release 18 Maret 2020)

Sumbawa Besar, Dikes. Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Sumbawa Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa, H. Didi Darsani, menyebutkan saat ini, ada satu orang pasien dalam status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tengah drawat di Rumah Sakit H.L. Manambai Abdulkadir (RSMA) sebagai salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid19 di Kabupaten Sumbawa.

“Sekarang tengah dirawat di RSMA. Rabu malam akan dikirim specimen swap tenggorokan untuk diperiksa di Laboratorium Surabaya.  Riwayat perjalanannya, pasien baru pulang Umrah sekitar awal bulan Maret ini,” sebut H. Didi Darsani.

Berdasarkan data yang tercatat di DInas Kesehatan Kabupaten Sumbawa sampai dengan tanggal 18 Maret 2020, ada 47 orang dalam status Orang Dalam Pemantauan (ODP), ditambah satu orang status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang kini dirawat di ruang isolasi RSMA. Dari hari sebelumnya, Selasa 17 Maret 20, ODP sebanyak 40 orang. Tambahan data Enam orang ODP pada Rabu ini, adalah TKI asal Sumbawa yang baru pulang dari  dari Malaysia, Dubai, Taiwan, dan Oman. Mereka dipantau oleh Petugas Fasyankes di rumah masing-masing dengan diberikan edukasi dan pemahaman serta layanan medis sebagaimana mestinya.

“Sehingga, sampai hari ini tercatat 48 orang dengan rincian 47 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 1 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Dari jumlah tersebut dapat dirincikan kembali terdapat 38 ODP yang telah selesai dipantau, 9 ODP yang masih dipantau dan 1 PDP yang dirawat di RSMA, sebagaimana penjelasan sebelumnya”, ujar Haji Didi

Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa dan Kantor Kesehatan Pelabuhan, Rabu kemarin juga melakukan penyemprotan disinfektan di Mesjid Agung Nurul Huda.

Bupati Sumbawa melalui Juru Bicara Covid-19 Sumbawa yaitu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa berharap semua pihak berkolaborasi dalam mencegah dan mengantispasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumbawa. “Kita diharapkan untuk selalu tenang, tidak panic tapi tetap waspada, serta mengikuti arahan pemerintah untuk bersama-sama mengantisipasi bahkan memerangi Covid-19 di Kabupaten Sumbawa”, pungkasnya. (kominfotik)